Cara Menghemat Baterai Android

 

hik8t - Dewasa ini, tak terhitung jumlah pengguna ponsel berplatform android. Sudah menjadi rahasia umum juga bahwa ponsel pintar berplatform android ini “lapar” terhadap daya baterai. Akhirnya, pengguna ponsel android ini pun seolah tidak bisa jauh dengan charger atau power bank. Apakah Anda salah satunya? Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang daya baterai.

1.Charging

Usahakan proses pengisian baterai dilakukan dalam keadaan low dan cabut di saat baterai dalam kondisi benar-benar penuh 100%. Hal ini merupakan tindakan dasar yang dilakukan pada setiap jenis handphone. Pencabutan proses pengisian yang belum penuh akan membuat baterai cepat boros.

2.Task Manager

Gunakan aplikasi task manager yang berguna untuk mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan oleh sistem smartphone. Aplikasi yang bisa dimatikan seperti game, browser, dan lainnya. Aplikasi task manager biasanya bawaan ponsel android ataupun bisa diunduh dari android market.

3.Toogle Switch

Aplikasi Toogle Switch penting untuk mengontrol paket data, Wi-Fi, GPS, Bluetooth, dan tathering dengan mudah (on/off). Aplikasi ini memiliki widget yang bisa diletakkan di desktop.

4.Brightness dan Contrast

Atur brightness and contrast layar Anda sesuai dengan kebutuhan. Disarankan untuk mengatur kecerahan serendah mungkin selama Anda masih dapat melihat layar handphone. Pengaturan semacam ini lebih mudah dilakukan dengan menginstall Toogle Switch.

5.Uninstall

Menghapus program yang tidak begitu penting bisa Anda lakukan. Aplikasi AtrackDog bisa Anda gunakan untuk mengecek aplikasi apa saja yang tidak berguna. Aplikasi ini akan meminta konfirmasi Anda untuk menghapus program yang tidak Anda perlukan.

6.Screen Time-Out

Atur screen time-out handphone Anda dengan waktu nyala normal yaitu 30 detik – 1 menit. Nyala layar handphone yang terlalu cepat akan membuat Anda tidak sempat melakukan aktivitas dan memaksa handphone mengunci layar. Dan untuk membukanya kembali juga diperlukan daya baterai.

7.Wallpaper

Hindari penggunaan live wallpaper yang akan menguras daya baterai. Gunakan standart wallpaper saja. Wallpaper yang berupa pattern dengan warna gelap dan keabu-abuan akan lebih menghemat daya baterai smartphone android Anda.

8.Sinkronisasi

Matikan koneksi sinkronisasi pada gadget android Anda. Caranya masuk ke menu Settings > Accounts & Sync > Uncheck Background Data. Settingan ini bertujuan untuk menggagalkan sambungan langsung otomatis data dalam Google Service.

9.Stabilitas Jaringan Provider

Pilih jaringan 2G yang tidak menguras daya baterai smartphone Anda. Jika handphone android Anda mendukung 2G dan 3G, ubah pengaturan dengan opsi ‘2G Networks Only’. Jika penggunaan smartphone Anda hanya sekedar telepon, sms, browsing, email, jaringan 2G sudah cukup membantu.

10.Kecanggihan Android

Sistem kerja Android sangat pintar dan Anda perlu memahaminya. Sebaiknya Anda tidak mematikan aplikasi secara paksa dengan task killer atau sejenisnya. Menutup aplikasi secara paksa akan membebani CPU dan RAM, hal ini akan membuat daya baterai cepat habis. 

0 comments:

Copyright © 2013hik8t
 photo iklananim_zpsaa0f27a0.gif