Cara Aman Download Aplikasi Android



Saat ini pengguna smartphone yang berbasis Android semakin banyak seiring dengan kebutuhan manusia dan kemajuan teknologi. Ancaman dari keberadaan malware yang terdapat di Google Play Store (atau yang dulu lebih dikenal dengan nama Android Market) bukan merupakan kabar baru. Biasanya, malware tersebut bersembunyi di aplikasi yang diunduh secara gratis. Bahkan sejumlah perusahaan keamanan menyatakan bahwa ribuan malware mengisi situs yang menyediakan layanan download aplikasi.
Anda mungkin merupakan salah satu dari sekian banyak pengguna smartphone yang berbasis Android. Unsur keamanan harus menjadi perhatian Anda agar bisa terhindar dari aplikasi yang berbahaya bagi gadget yang Anda miliki. Lalu bagaimana cara aman mengunduh aplikasi Android? Berikut hal yang harus Anda perhatikan.
1.      Komentar user lain
Hal ini penting bagi Anda untuk mengetahui kualitas dari aplikasi yang akan diunduh. Anda sebaiknya tidak terburu mengunduh aplikasi sebelum membaca komentar pengguna Android lainnya. Komentar yang harus Anda perhatikan juga adalah mengenai update aplikasi tersebut.

2.      Rating aplikasi
Periksa rating aplikasi yang akan Anda unduh. Hindari mengunduh aplikasi yang hanya memiliki rating bintang tiga, sebaliknya aplikasi yang memiliki rating bintang empat atau lima merupakan aplikasi yang layak untuk Anda download.

3.      Developer aplikasi
Cari situs developer yang berkualitas. Alasan utama yang harus menjadi pertimbangan Anda adalah aplikasi yang berkualitas tentunya juga dihasilkan oleh developer yang berkualitas pula.

4.      Notifikasi
Beberapa aplikasi akan meminta data pribadi anda dalam proses installation. Ada notifikasi tertentu sebagai penanda bahwa aplikasi tersebut berbahaya atau tidak. Oleh karena itu Anda sebaiknya membaca notifikasi yang ada dengan seksama dan jangan sampai melewatkan poin pentingnya.

5.      Update aplikasi
Jika Anda akan melakukan update sebuah aplikasi, baca dan perhatikan komentar user lain lagi kalau ada hal baru atau berbeda mengenai update yang diberikan oleh aplikasi. Poin ini harus Anda perhatikan secara seksama karena melakukan sebuah update aplikasi sama dengan menginstall ulang smartphone Anda.

6.      Forum atau komunitas Android
Pepatah “Malu bertanya sesat di jalan” benar adanya. Bergabunglah dengan komunitas atau forum grup pengguna smartphone tipe yang sama dengan Anda. Banyaklah bertanya mengenai apa saja, dari download hingga kegunaan aplikasi. Tentunya Anda bisa belajar atau berbagi pengalaman dengan anggota forum tersebut. Dengan melakukan hal tersebut Anda juga bisa berperan untuk memberi tahu kepada orang lain.
Overall, selalu tingkatkan kewaspadaan dalam mengunduh aplikasi smartphone Anda. Tidak perlu langsung tergiur dengan aplikasi gratis, tetapi pilihlah dengan bijak dan sesuai kebutuhan Anda. 

0 comments:

Copyright © 2013hik8t
 photo iklananim_zpsaa0f27a0.gif