Cara Mengukur Tingkat Kematangan Daging Steak



Daging sapi yang diolah menjadi steak memang sangat menggiurkan. Bagian seperti tenderloin, sirloin, atau wagyu memang paling cocok untuk diolah menjadi steak dengan cara yang paling sederhana sekalipun. Ketiga tipe daging tersebut biasa disajikan dengan tingkat kematangan sesuai dengan selera. Jika Anda memiliki hobi mengolah steak, Anda pasti tahu jika tingkat kematangan daging memiliki keempukan yang berbeda. Ada cara mudah untuk mengetahui tingkat kematangan daging steak yang sedang dimasak. Bagaimana caranya? It's pretty easy to do. Here we go. 

Raw
Buka tangan Anda dan pegang bagian telapak tangan dekat dengan jempol. Seperti itulah keempukan daging mentah.

Rare
Buat lingkaran dengan telunjuk dan ibu jari Anda. Sentuh telapak tangan yang menjadi bagian dari lingkaran tersebut. Terasa empuk, bukan? Dengan ujung jari atau punggung penjepit, tekan bagian tengah steak. Bila tekstur empuknya sama dengan telapak tangan Anda, berarti steak telah mencapai tingkat kematangan mentah atau rare.

Medium rare
Dari posisi di atas, geser ibu jari hingga menyentuh jari tengah dan sentuh bagian telapak tangan yang sama. Tekstur ini merupakan ciri steak yang telah mencapai tingkat kematangan mentah-sedang (medium rare).

Medium
Geser lagi ibu jari hingga menyentuh jari manis Anda, untuk mengetahui kematangan medium (matang sedang).

Welldone
Sentuh jari kelingking dengan ibu jari, maka telapak tangan di bawah ibu jari akan terasa lebih keras. Inilah ciri steak yang matang sempurna atau welldone.


3 comments:

Kanya Kulap said...
Kanya Kulap said...
Angeli Mitra said...
Copyright © 2013hik8t
 photo iklananim_zpsaa0f27a0.gif