Kiro-M5, Robot yang Bisa Cium Bau Popok Kotor Pasien


robot Kiro-M5Robot Kiro-M5 ini memiliki kemampuan untuk mencium bau popok pasien sehinga bisa membatu para perawat untuk menggati popok pasien yang kotor.
Teknologi canggih yang ada saat ini dibuat memang untuk memudahkan pekerjaan manusia nah salah satunya yang baru dibuat adalah sebuah robot yang bisa membatu para perawat di rumah sakit.
Robot bernama Kiro-M5 buatan Korea Institute of Robot and Convergence, salah satu divisi di Pohang University of Science and Technology (POSTECH) ini memiliki kemapuan yang cukup unik robot ini bisa mencium bau popok pasien yang kotor yang perlu di ganti oleh para perwat.
Selain bisa mencium popok pasien yang kotor ternyata robot Kiro-M5 ini juga bisa berfungsi sebagai air purifieruntuk mensterilkan dan menghilangkan bau udara.  Ketka malam hari robot ini bisa jadi pengawas  para pasien karena robot ini dilengkapi kamera yang ada didepan robot selain itu robot ini juga bisa membangunkan para lansia di panti jompo setiap hari, menginformasikan jika makanan sudah disajikan, memberitahu jadwal olahraga setiap hari, dan juga berfungsi sebagai alarm jika ada keadaan darurat.
Robot multifungsi ini memiliki tinggi hanya 1 meter dan mampu bertahanselama 8 jam hingga diisi ulang kembali.
Robot ini saat ini baru masuk dalam tahap pengujian di sebuah panti Jompo  dan masih akan terus dikembangkan kemampuanya rencanaya robot ini akan dikomersilkan.

0 comments:

Copyright © 2013hik8t
 photo iklananim_zpsaa0f27a0.gif