Asal muasal merek produk ternama




Setiap perusahaan mempunyai cerita tersendiri tentang pemberian nama perusahaan dan merek dagang atas produk-produk yang mereka jual atau hasilkan
berikut ini asal muasal pemberian nama beberapa produk ternama:
·         Wendy's :
Wendy's merupakan restoran waralaba yang diambil dari nickname Melinda, dimana Melinda tersebut adalah anak perempuan dari sang pendiri Wendy's, Dave Thomas
·         Pepsi :
Pepsi adalah minum ringan yang namanya diambil dari digestive ensyme pepsin (enzim pencernaan)
·         Reebok :
Sebagai suatu merek sepatu olahraga terkemuka, nama Reebok diambil dari Rebok (sejenis kijang yang hidup di benua Afrika)
·         SAAB technology :
Sebagai salah produsen mobil terkemuka, SAAB ternyata merupakan singkatan dari "Svenka Aeroplan Aktiebolaget" yang artinya Swedish Aeroplane Company (perusahaan pesawat terbang Swedia)
·         SEGA :
perusahaan pembuat game legendaris "Sonic the hedgehog" ini ternyata merupakan kepanjangan dari "Service Games of Japan" yang didirikan oleh Marty Bromley. Awalnya Sega dibentuk untuk mengimport game pinball dari Amerika ke Jepang untuk kepentingan tentara Amerika yang bertugas di sana
·         SKYPE :
konsep awalnya adalah "sky-peer-to-peer", yang kemudian berubah menjadi skyper dan akhirnya skype seperti sekarang ini
·         SONY :
perusahaan elektronik raksasa ini berasal dari bahasa latin "Sonus" yang berarti suara dan "Sonny" merupakan bahasa slang yang digunakan oleh orang Amerika yang dapat diartikan menjadi bright youngster
·         Verizon 
(Verizon Communication) : merupakan perusahaan Internasional yang bergerak di bidang telekomunikasi dan berpusat di New York City. Nama Verizon sendiri diambil dari gabungan 2 kata, Veritas (bahasa latinnya dari kebenaran) dan Horisontal
·         Vodafone :
Vodafone merupakan singkatan dari Voice, Data and Telefone
·         VW (Volkswagen) :
Nama Volkwagen diambil dari bahasa Jerman, yang artinya "mobil rakyat
·         Kodak
George Eastman merupakan pendiri dari perusahaan tersebut pada tahun 1888. Eastman mencari nama yang pendek untuk dijadikan merek dengan alasan lebih mudah diucapkan dan hanya merujuk kepada produknya. Kemudian dia mengatakan bahwa dirinya menyukai huruf "K" karena memiliki kesan kuat dan tajam dibanding dengan huruf yang lain. Setelah itu Eastman ingin memiliki sebuah merek yang diawali dan diakhiri dengan huruf "K", setelah bermain dengan huruf, akhirnya dia mendapatkan sebuah nama KODAK
·         Nintendo
ama Nintendo bila diterjemahkan dalam bahasa inggris berati "Leave Luck to Heaven". Nama Nintendo sendiri sebenarnya terasa lebih pas sebelum mereka bergelut di bidang video games, pada tahun 1889 telah membuka usaha kartu permainan Jepang yang disebut kartu Hanafuda dengan desain gambar-gambar bunga.
·         Nokia
Perusahaan elektronik modern seperti Nokia pada awalnya bukan merupakan perusahaan selular seperti saat ini. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1865 merupakan pabrik kertas yang berada di Tampere, Finlandia. Ketika pemiliknya Fredrik Idestam membuka pabrik kedua di Nokia, Finlandia, dia ingin agar nama kota tersebut menjadi nama merek. Nama kota tersebut diambil dari nama sungai yang melintasi kota tersebut, Nokianvirta River.
·         Toshiba
Toshiba dibentuk pada tahun 1939, merupakan hasil merger dari dua perusahaan. Tokyo Denki adalah perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods dan perusahaan mesin Shibaura Seisakusho. Mengambil beberapa huruf di depan dari masing-masing perusahaan "TO" dan "SHIBa", maka lahirlah merek Toshiba.
·         Seiko
Perusahaan pembuat arloji yang mengambil nama dari kata Jepang yang berarti "sempurna" atau "sukses".
·         Motorola
Pendiri perusahaan Paul Galvin memilih nama itu pada konvensi ejaan penamaan lama yang meletakkan "-ola" pada akhir kata nama-nama radio seperti Victrola. Sejak Galvin dan perusahaan yang membuat radio yang bisa dibawa kemana-mana, ia menggabungkan kata "motor" dengan "-ola" untuk mendapatkan nama merek tersebut.
·         Apple,Inc
Pada saat awal berdiri, perusahaan Steve Jobs masih belum memiliki sebuah nama selama kurang lebih 3 bulan. Pada saat Steve Jobs makan buah apple maka tercetuslah ide untuk memberi nama perusahaan dengan nama Apple.
·         Compaq
Berasal dari kata Computer dan Pack yang mengartikan komputer kecil yang terintegrasi, sesuai dengan produk pertama mereka yang sangat compact Compaq Portable.
·         Casio
Awal berdirinya Casio merupakan pabrik Sub kontaktor. Nama Casio diambil dari nama pendiri, Kashio Tadao.
·         Sanyo
Nama Sanyo berarti "tiga lautan" dalam bahasa Jepang; pendiri perusahaan ingin menjual produknya melalui jalur samudra Hndia, Atlantik, dan Pasifik untuk mencapai seluruh dunia. 
·          ADIDAS
Perusahaan asal Jerman ini namanya diambil dari nama panggilan penemunya, Adolf Adi Dassler. Begitupun dengan sang adik, Rudolf Rudi Dassler memendekkan namanya menjadi singkatan merek dagang sepatunya, RUDA. Tapi merek Ruda tidak bertahan lama, yang kemudian berubah merek menjadi Puma.
·         ADOBE 
Nama untuk sebuah sungai yang mengalir berada di belakang rumah sang pencetus, John Warnock.
·         AMAZONE.COM 
Nama yang merepresentasikan penjualan yang sangat berpotensi besar untuk ukuran sebuah toko buku online sebanding dengan penjualan toko buku offline. Awalnya bernama cadabra.com
·         ARBY’S
Banyak khalayak yang meyakini bahwa kepanjangan dari Arby (R-B) yaitu Roast Beer. Padahal sama sekali keliru. Yang benar adalah kependekkan dari penemunya itu sendiri, mereka bernama Raffel Brothers.
·         AT&T 
Merupakan kependekkan dari American Telephone and Telegraph Company.
·          AUDI 
Nama latin untuk kata Horch. Diambil dari nama belakang penemunya, August Horch. Horch sendiri sudah dipakai untuk perusahaan pabrik mobilnya yang pertama.
·         BRIDGESTONE 
Nama merek yang merupakan terjemahan dari pemiliknya, Shojiro Ishibashi. Nama belakang; Ishibashi memiliki arti bridge of stone. Hati-hati bukan Nashi Bashi yaaa :ngakak
·         CANON 
Merupakan nama sebuah perusahaan laboratorium alat pengukur optic; yang kini banyak menghasilkan produk kamera dan printer—sebelumnya bernama Kwanon.
·         EBAY 
Adalah nama anak perusahaan dari Echo Bay Technology Group. Hanya saja, url untuk EchoBay.com telah dimiliki oleh sebuah perusahaan pengeboran sumur minyak yang berkantor di jauh dari Nevada, Echo Bay. 
·         Virgin
Grup konglomerasi milik Sir Richard Branson. Saat mendirikan perusahaan ini, Sir Richard dan beberapa karyawannya berembuk seru sampe tengah malam. Saat semua sudah buntu ide, salah satu karyawati menyeletuk, "why not Virgin? Afterall, we are all virgins in business". Sir Richard menyukai ide tersebut dan memakai nama Virgin sebagai nama holding company dari banyak anak perusahaan, kebanyakan dengan nama Virgin di depannya.
·         Nike
Perusahaan peralatan olahraga dan apparel nomer satu di dunia (dari segi penjualan) menggunakan nama Nike yang merupakan nama dewi dalam mitologi Yunani. Nike adalah The Winged Goddes of Victory, alias dewi kemenangan.
·         Reebok
Perusahaan sport apparel yang sekarang sudah menjadi anak perusahaan raksasa Jerman Adidas mengambil nama dari ejaan bahasa Afrikaans untuk rhebok, sejenis antelope atau gazelle.
·         Google
"Dewa internet" 
Description: :ngakak: ini dinamai oleh pendirinya (Sergey Brin dan Larry Page) Google, plesetan dari googol, yaitu sebuah angka dengan seratus digit. 1 x 10100 disebut googol.
·         Samsung
Menurut pendirinya, ejaan Samsung dalam Hangeul/hanja 
(三星) adalah tristar, atau three stars, atau tiga bintang. Angka 3 mewakili besar, banyak, dan kuat, sedangkan bintang melambangkan eternity/keabadian.
·         Coca Cola
Saat pendiriannya, minuman soda ini mengandung ekstrak dari daun koka (bahan dasar kokain). sekarang sudah tidak pakai daun koka lagi 
Description: :HeHe: 
·         Apache
Nama ini berasal saat pendirinya menerapkan patch ke kode program yang ditulis untuk http daemon NCSA dan hasilnya adalah “A PAtCHy” server dan selanjutnya menjadi apache server.
·         Corel
Nama ini berasal dari nama penemunya yaitu Dr. Michael Cowpland.
Corel sendiri singkatan dari COwpland REsearch Laboratory.
·         Delphi
Nama ini berasal dari nama suatu kota di masa Yunani kuno.
·         Google
Nama ini berasal dari lelucon tentang banyaknya informasi yang bisa dicari oleh search engine.
Istilah yang dimaksud adalah ‘Googola’, yang berarti bilangan 1 diikuti oleh 100 angka nol. Penemunya yaitu Sergey Brin dan Larry Page saat itu sedang memberikan presentasi proyek ini ke investor, mereka kemudian berhasil mendapatkan dana dalam bentuk check yang ditujukan kepada ‘Google’.
·         Hotmail
Nama ini berasal saat Jack Smith mendapatkan ide agar semua orang bisa mengakses email melalui web dari komputer mana pun di belahan dunia.
Kemudian Sabeer Bhatia membuat business plan yang bergerak dalam bidang mail service dan dia mencoba memberi nama bisnisnya dengan akhiran ‘mail’ di belakangnya dan didapatlah nama hotmail yang idenya berasal dari bahasa pemrograman web ‘HTML’ (HoTMaiL).
·         Intel
Nama ini berasal dari singkatan INTegrated ELectronics (INTEL).
·         Java
Nama ini berasal dari nama kopi yang banyak diminum oleh programmer yaitu Java.
·         Microsoft
Nama ini berasal dari singkatan MICROcomputer SOFTware.
·         Mozilla
Nama ini berasal dari singkatan Mozaic-Killer, Godzilla (Mozilla).
·         Ubuntu
Nama ini berasal dari sebuah kata Afrika yang berarti ‘kemanusiaan untuk semuanya’ atau ’saya dibentuk oleh kita semua
·         Yahoo
Nama ini ditemukan oleh Jonathan Swift dan digunakan dalam bukunya yang berjudul “Gulliver’s Travels” yang artinya adalah orang yang berpenampilan menjijikkan dan bertindak tidak seperti manusia. 
·         Danone
Nama raksasa Prancis untuk pasar dairy products ini berasal dari anak pendirinya, Isaac Carasso. Saat mendirikan perusahaan pembuat yoghurt di Barcelona, dia menamakannya berdasarkan nama anaknya Daniel Carasso, sebuah kata dimunitif dalam bahasa Catalan untuk Daniel.
·         Carrefour
raksasa jaringan supermarket/hypermarket asal Prancis ini mengambil nama Carrefour, yang artinya crossroad atau perempatan. Saat mendirikan toko pertama mereka pada tgl 1 Januari 1958, mereka mendirikannya di perempatan Annechy di Paris.
·         IKEA
Raksasa manufaktur furnitur dan mebel nomer satu di dunia ini mengambil nama dari singkatan pendirinya, Ingvar Kampard, desa tempat dia tumbuh, Elmtaryd, dan kota asalnya, Agunnaryd, di Smaland, Swedia Selatan. Jadi IKEA adalah singkatan dari Ingvar Kampard ElmtarydAgunnaryd.
·         Standard Chartered Plc
Bank asal Inggris ini mengambil nama dari hasil merger dua bank di tahun 1969, 
The Chartered Bank of India, Australia, and China serta The Standard Bank of British South Africa.
·         BMW
Singkatan dari Bayerische Motoren Werke, yang secara harafiah artinya Bavarian Motor Works.
·         LG
Tahun 1958, produsen plastik Korea Selatan Lak-Hui (dibaca Lucky, sekarang adalah LG Chem) dan Goldstar Co. Ltd (produsen elektronik khusus untuk pasar Korsel) bergabung menjadi Lucky-Goldstar. Tahun 1995, untuk bersaing di pasar internasional, mereka memutuskan menyingkat namanya jadi LG. 
·         Kompas
koran terbesar di Indonesia ini awalnya bernama Bentara Rakyat. Didirikan atas usul Jendral Ahmad Yani kepada temannya Frans Seda yang merupakan pemimpin Partai Katholik Indonesia untuk melawan propaganda komunis PKI. Frans Seda meneruskan usul ini kepada PK Oejong dan Jakob Oetama (masing2 kemudian menjadi pemimpin dan kepala redaksi). Kemudian harian ini menjadi bebas dari segala pengaruh politik. Beberapa tahun kemudian Presiden Soekarno mengusulkan agar nama Bentara Rakyat diubah menjadi Kompas. 
·         Shell
Perusahaan terbesar kelima di dunia dan terbesar kedua dalam bidang energi ini merupakan hasil merger di tahun 1907 antara Royal Dutch Petroleum Company (nama resmi dalam bahasa Belanda: NV Koninklijke Nederlansche Petroleum Maatschappij/Perusahaan Minyak Kerajaan Belanda) dengan Shell Transport and Trading Co dari Inggris.
Shell Transport and Trading Company mengambil nama dari usaha awal pendirinya, Marcus Samuel, yang mendirikan perusahaan ini untuk mengimpor kerang laut untuk kolektor di Inggris. Saat melakukan pengambilan spesimen kerang laut di Laut Kaspia, adiknya sadar bahwa mereka bisa mengimpor minyak lampu dari region ini dan membangun kapal tanker minyak pertama di dunia.
·         Lockheed Martin
Merupakan plesetan dari nama pendirinya, Allan dan Malcolm Loughead. Ini adalah perusahaan penerbangan kedua mereka setelah Loughead Aircraft Manufacturing Company gagal. Tahun 1995 Lockheed merger dengan Martin Marietta dan membentuk Lockheed Martin.
·         Hitachi
Menurut aksara kanjinya, Hitachi berarti Matahari Terbit.
·         Djarum
Produsen rokok kedua terbesar di Indonesia ini merek awalnya adalah Djarum Gramofon, yang kemudian oleh pemiliknya disingkat menjadi hanya Djarum.
·         Temasek
Holding company milik pemerintah Singapura ini mengambil nama dari nama desa Tumasik (bhs Jawa Kuno yang berarti Kota Laut), yang lambat laun menjadi kota Singapura/Singapore. 
·         Electrolux
Raksasa perkakas elektronik rumah tangga asal Swedia ini namanya merupakan hasil dari gabungan nama 2 perusahaan yang merger: Svenska Elektron AB (perusahaan dagang) dan Lux AB (perusahaan pembuat lampu minyak tanah) pada tahun 1918.
·         Qantas
Singkatan dari Queensland and Northern Territory Aerial Service. Qantas adalah maskapai penerbangan tertua kedua di dunia (setelah KLM milik Kerajaan Belanda) dan terlama beroperasi (KLM sempat berhenti operasi saat Perang Dunia II)
·         Jaguar
Awalnya bernama Swallow Sidecar Company, diubah menjadi Jaguar untuk menghindari asosiasi dengan SS Nazi (selain itu, Jaguar juga lebih gagah ketimbang burung walet 
Description: :p) 

0 comments:

Copyright © 2013hik8t
 photo iklananim_zpsaa0f27a0.gif