8 Sikap Kepemimpinan yang Efektif


Pemimpin dan bawahan ibarat Yin dan Yang, dua karakter berbeda dan bertolak belakang. Jika dipadukan dengan benar akan menciptakan situasi dinamis, sinergi positif dan kekuatan besar. Maka 8 sikap kepemimpinan yang efektif dapat dipelajari berikut ini:

1. Vision

Pemimpin yang ingin sukses membutuhkan visi, agar arah dan tujuan perusahaan terlihat jelas sekarang dan mendatang. Pemimpin yang efektif selalu berupaya menanamkan visi kepada karyawannya agar pikiran dan tindakan selaras dan konsisten dengan tujuan perusahaan. Pemimpin yang visioner akan membuat karyawannya bergerak dengan semangat tinggi dan bergelora dalam bekerja.

2. Transformational

Kepemimpinan yang membangun dan servant leadership (pemimpin yang melayani) akan mengungkit motivasi bawahannya. Pemikiran yang transformasional menjadikan tim kerjanya bergerak dan berubah lebih cepat demi meraih kemajuan.

3. Balancing Between Reward and Punishment 

Pemimpin dapat melakukan keseimbangan dalam mengelola perusahaan. Yang berprestasi dan berkontribusi akan mendapatkan promosi jabatan, kenaikan gaji, pujian dll. Sementara yang tidak mampu akan menerima sangsi peringatan agar mau bangkit dan berubah atau pemecatan. Dengan sikap ini pemimpin menciptakan keseimbangan perlakuan secara fairness atau berkeadilan yang mendorong semua orang memberikan kinerja terbaiknya.

4. Good Listener 

Pemimpin yang efektif akan meramu semua informasi yang didengar dari semua pihak tanpa kecuali. Kemudian menganalisis sesuai dengan kenyataan di lapangan dan mengambil tindakan.

5. Anger Management 

Ketika perusahaan mengalami hambatan dan masalah, pemimpin dapat melakukan dorongan lebih keras seperti ekspresi marah. Mengelola kemarahan atau anger managementmemerlukan kontrol emosi yang cerdas. Artinya, ekspresi marah dituangkan sebagai bentuk shock therapy dan lecutan agar semua orang sadar akan situasi yang buruk dan bergerak melakukan pembenahan.

6. Discipline Oriented

Disiplin bisa dijadikan budaya perusahaan karena mengandung makna positif dan membangun. Disiplin akan mengangkat moral karyawan dalam pekerjaan dengan fokus kepada sasaran yang hendak dicapai.

7. Cybernetics Control

Metode kontrol ini seperti jaringan atau sibernetika yang berkesinambungan dan saling terhubung antara informasi yang satu dengan lainnya. Dengan melihat langsung ke lapangan akan mempertajam dan melengkapi intuisinya sebagai pendengar yang baik.

8. Meritocracy

Pemimpin yang efektif akan menciptakan karyawan sebagai aset bernilai tinggi dan ujung tombak perusahaan. Maka penempatan karyawan andal dapat dilakukan melalui sistem meritokrasi yaitu berdasarkan kemampuan, prestasi, dan talenta.

0 comments:

Copyright © 2013hik8t
 photo iklananim_zpsaa0f27a0.gif