Kamera compact canggih terbaik 2012


Kamera compact canggih semakin berkembang di tahun 2012. Banyak variasi bentuk, ukuran image sensor dan juga lensanya. Kamera compact canggih biasanya diminati oleh orang-orang yang tidak mau ribet membawa kamera DSLR yang berukuran besar, atau sebagai kamera alternatif bagi fotografer pemakai kamera DSLR.
Ciri-ciri kamera compact canggih (advanced compact) yaitu:
  • Ada mode exposure manual
  • Berukuran sensor besar
  • Dapat memilih format foto RAW
  • Punya hotshoe untuk dudukan flash external/aksesoris
  • Bodi kamera biasanya lebih besar dari biasanya
Kualitas = Dinilai berdasarkan desain, kinerja, kualitas foto dan lensa.
Nilai/Value = Dinilai berdasarkan perbandingan harga dan kualitas yang didapat.
Kandidat kamera pocket terbaik tahun 2012 versi saya yaitu:
Panasonic LX7

Panasonic Lumix LX7

Kamera ini sudah diperbaharui beberapa kali dan LX7 adalah generasi ke-4. Sebagai kamera generasi ke-4, dapat dibilang kalau kamera ini sudah matang. Kelebihan LX7 dibanding pendahulunya LX5 terletak di lensanya yang bukaannya semakin yaitu f/1.4-2.3. Lensa berbukaan besar membuat foto di tempat yang gelap menjadi lebih mudah. LX7 juga menambahkan roda kontrol di lensa sehingga kita bisa mengubah setting bukaan seperti kamera film. Kelebihan lainnya yaitu kecepatan foto berturut-turut LX7 mencapai 11 foto perdetik. LX7 adalah kamera compact yang lengkap fiturnya. Sayangnya ukuran image sensor LX7 hanya 1/1.7″ sehingga kualitas foto terutama di ISO 400 ke atas menurun karena munculnya noise.
Kualitas 8 Nilai: 8
Samsung EX2F

Samsung EX2F

Kamera canggih generasi ke-2 dari Samsung ini memiliki spesifikasi yang mirip dengan LX7. Image sensornya sedikit lebih besar dan resolusi fotonya sedikit lebih besar juga. Lensanya mirip, tapi lensa LX7 unggul tipis karena bukaan di telefotonya lebih besar (f/2.7 vs f/2.3). Kelebihan EX2F dibanding LX7 terletak di layar LCD nya yang bisa diputar.
Kualitas 8 Nilai: 8
Sony RX100

Sony RX100

Keunggulan utama RX100 memiliki memiliki image sensor sekitar 2 kali lebih besar dari kamera compact canggih pada umumnya, sehingga kualitas fotonya juga lebih jernih di ISO 100-400 dan masih bagus di ISO tinggi (800-1600). Resolusinya juga sangat besar, yaitu 20 Megapixel. Resolusi yang besar memang menguras kapasitas kartu memori, tapi lebih detail saat dicetak besar. Uniknya, RX100 ukurannya malah lebih kecil dibanding kamera compact canggih lainnya. RX100 bisa dikantongi dengan mudah sehingga mudah dibawa kemana-mana. Kekurangannya yaitu tidak ada hotshoe dan bukaan lensa di telefoto relatif kecil (f/4.9).
Nilai 9 Value 7
Canon G1X

Canon G1X

Setelah sukses di kamera seri G yang sudah diperbaharui sebanyak 12 kali. Canon mencoba merancang kamera compact yang berisi image sensor berukuran hampir sebesar kamera DSLR dan lensa zoom praktis yang tidak bisa dilepas. Sekilas bodi kamera G1X mirip dengan Canon G12 yang diperbesar. Dengan ukuran sensor yang besar, kualitas foto masih oke sampai ISO 3200. Foto diruangan yang gelap masih baik. Sayangnya, memasukkan image sensor yang sebesar DSLR berararti ukuran lensa harus juga besar dan membuat fisik kamera menjadi sangat besar dan tidak begitu praktis dibawa kemana-mana.
Kualitas 8 Value 7

Leica X2

Leica X2 juga merupakan pembaharuan dari Leica X1. Generasi kedua ini meningkatkan kecepatan autofokus. Image sensor yang digunakan adalah setara dengan kamera DSLR (APS-C) sehingga kualitas foto di ISO 1600/3200 masih baik. Kontrol kamera ini sederhana dan kualitas badan kamera sangat baik. Kekurangan lain, harganya jauh diatas rata-rata dan resolusi layar LCD rendah. Leica X2 juga ini memiliki lensa fix (tidak bisa zoom) dengan bukaan yang tidak terlalu besar (f/2.8) sehingga masih sulit membuat latar belakang blur.
Kualitas: 8 Value 4
Secara umum, kualitas kamera compact tahun ini meningkat dan lebih bervariasi. Hanya saja, Sony RX100 muncul sebagai kamera compact terbaik menurut saya karena pilihan image, sensor dan tentunya desainnya yang bijak sehingga seimbang antara kualitas dan ukuran.

http://www.infofotografi.com

0 comments:

Copyright © 2013hik8t
 photo iklananim_zpsaa0f27a0.gif