Upgrade Vista ke Windows 7 Home Premium Edition


windows 7

Jika Kita masih menggunakan Vista dan ingin melakukan upgrade ke Windows 7, Upgrade langsung akan menjadi pilihan yang lebih mudah daripada membersihkan instalasi Vista. Di sini kita akan melihat langkah sederhana untuk proses upgrade langsung berikut ini. Pada contoh ini, Windows yang di-upgrade adalah Vista Home Premium 32-bit menjadi Windows 7 Home Premium 32-bit.

Persiapan Sebelum Upgrade



Sebelum memulai proses upgrade Vista ke Windows 7, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Hal pertama yang Kita harus pastikan adalah Kita sedang terhubung dengan Internet dan menjalankan Vista Home Premium SP1 atau di atasnya. Jika Kita tidak memiliki minimal Vista SP1, Kita akan mengalami kesalahan dan harus melakukan install kembali.

Persiapan Upgrade

Pastikan semua hardware yang biasa Kita jalankan terhubung ke komputer sebelum melakukan Upgrade sehingga semuanya telah diperiksa. Jika mesin Kita sudah menjalankan Vista, kemungkinan besar komputer Kita akan menjalankan Windows 7 tanpa masalah. Untuk itu silahkan menuju Windows 7 Upgrade Advisor.

Upgrade advisor

Pergi ke Windows 7 Compatibility Center



Pergi ke Windows 7 Compatibility Center untuk mencari tahu hardware dan software apa yang mendukung untuk Windows 7. Kita dapat dengan mudah mencari atau menelusuri hardware Kita untuk melihat apakah kompatibel dengan Windows 7. Jika Kita memiliki software atau hardware driver versi lama, mereka akan mengarahkan Kita menuju website milik produsen sehingga Kita dapat meng-upgrade ke versi yang tepat untuk Windows 7.

Compatibility center

Situs ini juga memungkinkan Kita untuk melihat-lihat atau mencari software resmi yang mendukung untuk Windows 7.

Software support


Melakukan Backup Data



Backup semua file penting, folder, dan data lainnya. Bahkan meskipun Kita masih memiliki semua file setelah upgrade, sesuatu kesalahan mungkin bisa terjadi selama proses dan Kita bisa kehilangan segalanya.

Pastikan Koneksi Internet



Pastikan Kita terhubung ke Internet sehingga update dapat Kita download dan install selama proses upgrade. Pastikan bahwa koneksi Kita cukup stabil sehingga proses install tidak terganggu.


Mulai Proses Upgrade



Bila Kita sudah memasukkan disk Windows 7 dan sudah memastikan bahwa semua hardware sudah kompatibel, abaikan Check compatibility online karena semua itu akan kita lakukan lagi di Upgrade Advisor.

Install Windows 7

Setelah Kita klik Install sekarang Kita akan melihat pesan berikut.

message from Windows 7

Perlu diingat bahwa sebelum memulai proses install, Kita harus terhubung ke internet karena selama langkah tersebut Kita akan mendapat update terbaru untuk instalasi Windows 7.

new update Windows 7

Silahkan menunggu hingga upgrade terbaru ditemukan.

New update for Installing Windows 7

Setujui software licensi.

Accept license term

Pada layar tipe instalasi, pilih Upgrade, bukan Custom. Custom akan digunakan jika Kita melakukan install ulang.

Upgrade Windows 7

Proses upgrade kini telah dimulai.

Upgrade process

Akan ada sekitar tiga atau empat reboot hingga proses selesai.

Waiting upgrade to Windows 7

Setelah setiap reboot Kita seharusnya akan melihat task yang berbeda dalam daftar, yang menunjukkan bahwa proses telah selesai.

reboot 1

Langkah terakhir akan Mentransfer File, pengaturan, dan program.

last reboot

Setelah reboot terakhir Kita akan melihat pesan bahwa setup sedang memeriksa kinerja video.

check video performance

Ketikan Kode produk upgrade...

type product key

Kemudian pilih automatic update jika Kita menginginkannya.

Automatic update

Mengatur zona waktu, waktu dan tanggal.

Time zone

Pilih dimana komputer Kita berada, pada contoh ini adalah Home Network.

location

Desktop akan terkonfigurasi, dan Kita sudah dapat menggunakan Windows 7 dengan semua file dan pengaturan secara utuh. Tidak semuanya akan persis sebagaimana di Vista, dan kita akan dapat mengoptimalkan Windows 7 jika sudah terinstall.

Windows 7

Tentu saja akan terdapat perbedaan seperti tidak ada Windows Mail, Messenger, Photo Gallery, dan MS yang lain. Pastikan untuk men-download Microsoft Live Essentials untuk mendapatkan aplikasi MS favorit Kita kembali.

MS software update

Pastikan untuk menjalankan Windows Update segera setelah upgrade untuk memastikan semuanya telah beres.

check update Windows 7

Proses ini merupakan proses yang relatif sederhana. Perlu diingat bahwa waktu yang dibutuhkan cukup bervariasi tergantung processor dan RAM yang Kita gunakan.

0 comments:

Copyright © 2013hik8t
 photo iklananim_zpsaa0f27a0.gif